Popular Hairstyle 2022

https://haircolortrend.xyz/

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Sekarang memang banyak nama kartu kredit mulai dari A sampai Z tetapi perlu kamu ketahui banyak kartu kredit yang mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing agar kamu tidak salah dalam memilih mana nama kartu yang baik bagi kamu dan supaya mudah dalam proses pengajuannya. Sebagai kartu yang saat ini sering dijadikan metode pembayaran, tentu saja ada berbagai kelebihan dan kekurangan kartu kredit yang harus Anda perhatikan. Kartu plastik yang semakin marak digunakan ini memang menarik perhatian karena akan memudahkan para pemiliknya dalam berbelanja.

Di balik itu semua, cara pengajuan kartu kredit pun sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mendatangi bank terdekat, lalu mengisi data dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Tidak jarang ada petugas-petugas yang akan menawarkan kartu kredit di pusat perbelanjaan maupun di tempat keramaian tertentu. Bahkan, saat ini pengajuan kartu kredit pun bisa dilakukan secara online. Jadi, Anda tidak perlu kemana-mana. 

KELEBIHAN KARTU KREDIT

Nyaman dan Tidak Merepotkan

Image result for kartu kredit bank sinarmasKeunggulan utama dari kartu kredit adalah karena saat menggunakan kartu kredit, Anda tidak perlu repot-repot. Saat akan melakukan pembayaran, Anda cukup menyerahkan kartu tersebut. Nantinya, kasir akan langsung menggesekkan kartu Anda untuk melakukan transaksi. Bentuknya yang tipis dan mudah dibawa juga memudahkan Anda, sehingga tidak perlu repot-repot lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot mencari mesin ATM seperti kartu debit. Anda bisa langsung menggunakan kartu kredit di meja kasir dan melakukan pembayaran.

Membantu dalam Mengevaluasi Pengeluaran

Setiap bulan, biasanya pihak bank akan mengirimkan tagihan seluruh transaksi yang telah Anda lakukan selama sebulan terakhir. Tagihan ini tentunya bisa memberikan fungsi agar Anda dapat melakukan evaluasi atas seluruh pembelanjaan yang telah Anda lakukan. Dengan begitu, Anda juga dapat mengecek ulang apakah pengeluaran yang Anda lakukan dengan kartu kredit sudah cukup tepat guna atau belum. Tariklah hasil evaluasi dan aplikasikan solusinya untuk mengelola pembelanjaan pada bulan berikutnya. 

Bisa Digunakan untuk Keperluan Darurat

Kelebihan kartu kredit yang sering dimanfaatkan adalah karena bis

f:id:sulaeman06-96:20200214174244p:plain


a digunakan untuk saat-saat darurat. Bayangkan jika terjadi momen darurat yang mengharuskan Anda untuk membayar tagihan tertentu dalam nominal besar, namun Anda tidak membawa uang tunai yang cukup. Kartu kredit bisa digunakan untuk saat-saat darurat seperti ini. 

Cicilan Menjadi Lebih Meringankan Proses Pembayaran 

Tidak dapat dipungkiri, ciri khas kartu kredit yang membuat sistem pembayaran menjadi 'beli sekarang-bayar nanti' memang menjadi kelebihan utama kartu kredit. Tidak hanya dalam saat-saat darurat, sebenarnya metode ini dapat meringankan beban Anda saat akan membeli sebuah barang yang diinginkan. Anda bisa membeli barang terlebih dahulu, lalu mencicil pembayaran secara teratur selama setiap bulan (jika ada program cicilan), atau membayar nominal pada bulan berikutnya. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa Anda harus benar-benar yakin akan kemampuan membayar / mencicil. JIka yakin bisa melakukan pembayaran secara teratur, maka Anda akan aman dari bayang-bayang bunga cicilan. 

Dapat Potongan Diskon

Bukan rahasia lagi bahwa kelebihan kartu kredit adalah Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan potongan diskon. Hal ini bisa terjadi melalui program promosi yang disediakan oleh bank penerbit dengan rekanannya, baik berupa tiket nonton film di bioskop, potongan harga di restoran, potongan saat berbelanja dengan minimal tertentu. Beberapa kartu kredit bahkan saat ini bekerja sama dengan maskapai penerbangan, di mana jika Anda melakukan pembelian tiket dengan kartu kredit, Anda bisa mendapatkan poin tambahan yang jika diakumulasikan dapat ditukarkan dengan hadiah tertentu. 

Tidak hanya promosi, Anda juga bisa memanfaatkan program reward / poin yang tersedia dalam kartu kredit yang Anda miliki. Biasanya saat menggunakan kartu kredit, Anda bisa langsung mengumpulkan reward / poin, yang nantinya bisa dimanfaatkan pada waktu-waktu berikutnya. Pada sistem reward misalnya, Anda dapat seolah-olah menabung dalam kartu kredit, sehingga Anda bisa melakukan pembelanjaan dengan total uang yang terdapat dalam reward secara gratis. Lalu, pada program poin, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat oleh pihak bank penerbit Anda. 

KEKURANGAN KARTU KREDIT

Beberapa Merchant Mengenakan Minimal Transaksi

Meskipun gampang digunakan, terkadang ada beberapa merchant yang memiliki ketentuan berupa adanya minimal nominal pembelanjaan jika ingin menggunakan kartu kredit saat akan membayar. Hal ini biasanya akan mengakibatkan para pembeli untuk menambah total barang yang akan dibeli, dan berdampak pada semakin tingginya tagihan yang akan muncul di bulan berikutnya. Ini juga yang bisa menyebabkan keborosan, karena Anda akan mulai membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, semata-mata agar dapat menggunakan kartu kredit. 

Rentan Digunakan Berlebihan
Mudahnya menggunakan kartu kredit dapat membuat orang menjadi lebih tertarik melakukan transaksi lagi dan lagi dengan kartu kredit, tanpa memikirkan kemampuan membayar tagihan / cicilan di bulan yang akan datang. Jika memang digunakan tanpa kontrol, bukan tidak mungkin kartu kredit bisa menjadi bumerang dan tidak menguntungkan lagi, sebab bisa saja Anda malah jadi terjerembab dalam utang dan menyulitkan Anda dalam melunasi sisa tunggakan. 
 
Disertai dengan Bunga
Meskipun berbelanja dengan kartu kredit dapat memudahkan pembayaran Anda dengan cicilan, ingatlah selalu ada bunga yang dikenakan pada tagihan tersebut. Hal ini tentunya dapat membuat harga barang yang Anda beli menjadi lebih mahal daripada yang seharusnya, apalagi jika Anda melakukan keterlambatan pembayaran. Jika tidak diperhatikan dengan seksama dan dianggap sebagai hal sepele, tentu saja hal ini dapat membuat tagihan menjadi membengkak pada akhirnya. 

Aturan yang Ketat dan Berujung pada Bertambahnya Tagihan

Seperti yang sudah disebutkan, kartu kredit memang akan mengenakan bunga pada tagihan yang tertunggak. Tidak hanya itu, kartu kredit juga memiliki berbagai aturan ketat yang wajib ditaati, karena bila tidak Anda akan dikenakan denda keterlambatan yang juga semakin menambah total tunggakan. Belum lagi, ada biaya administrasi yang juga perlu diperhatikan dan dibayarkan secara teratur. 

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan kartu kredit, berarti Anda dapat lebih mempertimbangkan perlu tidaknya untuk mengajukan aplikasi kartu kredit seperti ini. Jika memang dirasa saat ini keuangan sudah cukup stabil dan Anda dapat mengontrol penggunaan kartu kredit dengan cukup bijak, Anda bisa mulai melakukan pengajuan. Ingatlah, memiliki kartu kredit memang mudah, namun mengontrol penggunaannya dan mengatasi masalahnya tidaklah mudah. Selamat mencoba!